Rabu, 21 Maret 2012

Program Aritmatika Sederhana

partner : maulithaghaisani.blogspot.com
maulitha ghaisani 54410281

LISTING PROGRAM 

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

class kalkulatortampil extends JFrame implements WindowListener, ActionListener
{
JLabel label1=new JLabel("Nilai 1 :");
JTextField nilai1=new JTextField();
JLabel label2=new JLabel("Nilai 2 :");
JTextField nilai2=new JTextField();
JLabel label3=new JLabel("Nilai 3 :");
JTextField nilai3=new JTextField();
JLabel label4=new JLabel("Nilai 4 :");
JTextField nilai4=new JTextField();
JLabel label5=new JLabel("Nilai 5 :");
JTextField nilai5=new JTextField();
JButton plus=new JButton("+");
JButton min=new JButton("-");
JButton kali=new JButton("*");
JButton bagi=new JButton("/");
JButton rata=new JButton("Rata - Rata");
JLabel labelhasil=new JLabel("Hasil = ");
JLabel hasil=new JLabel();
JPanel panel= new JPanel();
kalkulatortampil ()
{
setTitle ("Kalkulator");
setSize(600,300);
panel.setLayout(null);
label1.setBounds(10,10,100,20);
nilai1.setBounds(100,10,100,20);
label2.setBounds(10,50,100,20);
nilai2.setBounds(100,50,100,20);
label3.setBounds(230,10,100,20);
nilai3.setBounds(290,10,100,20);
label4.setBounds(230,50,100,20);
nilai4.setBounds(290,50,100,20);
label5.setBounds(420,10,100,20);
nilai5.setBounds(480,10,100,20);
plus.setBounds(40,90,50,20);
min.setBounds(110,90,50,20);
kali.setBounds(180,90,50,20);
bagi.setBounds(250,90,50,20);
rata.setBounds(320,90,100,20);
labelhasil.setBounds(420,50,100,20);
labelhasil.setForeground(Color.blue);
hasil.setBounds(480,50,100,20);
plus.addActionListener(this);
min.addActionListener(this);
kali.addActionListener(this);
bagi.addActionListener(this);
rata.addActionListener(this);
panel.add(label1);
panel.add(nilai1);
panel.add(label2);
panel.add(nilai2);
panel.add(label3);
panel.add(nilai3);
panel.add(label4);
panel.add(nilai4);
panel.add(label5);
panel.add(nilai5);
panel.add(plus);
panel.add(min);
panel.add(kali);
panel.add(bagi);
panel.add(rata);
panel.add(labelhasil);
panel.add(hasil);
getContentPane().add(panel);
}
public void actionPerformed(ActionEvent e)
{
double a, b, c, d, f, hasil1 ;
if (e.getSource() ==plus){
a = Double.parseDouble(nilai1.getText());
b = Double.parseDouble(nilai2.getText());
c = Double.parseDouble(nilai3.getText());
d = Double.parseDouble(nilai4.getText());
f = Double.parseDouble(nilai5.getText());
hasil1 = a + b + c + d + f;
hasil.setText(""+hasil1);
}
else if (e.getSource() ==min){
a = Double.parseDouble(nilai1.getText());
b = Double.parseDouble(nilai2.getText());
c = Double.parseDouble(nilai3.getText());
d = Double.parseDouble(nilai4.getText());
f = Double.parseDouble(nilai5.getText());
hasil1 = a - b - c - d - f;
hasil.setText(""+hasil1);
}
else if (e.getSource() ==kali){
a = Double.parseDouble(nilai1.getText());
b = Double.parseDouble(nilai2.getText());
c = Double.parseDouble(nilai3.getText());
d = Double.parseDouble(nilai4.getText());
f = Double.parseDouble(nilai5.getText());
hasil1 = a * b * c * d * f;
hasil.setText(""+hasil1);
}
else if (e.getSource() ==bagi){
a = Double.parseDouble(nilai1.getText());
b = Double.parseDouble(nilai2.getText());
c = Double.parseDouble(nilai3.getText());
d = Double.parseDouble(nilai4.getText());
f = Double.parseDouble(nilai5.getText());
hasil1 = a / b / c / d / f;
hasil.setText(""+hasil1);
}
else if (e.getSource() ==rata){
a = Double.parseDouble(nilai1.getText());
b = Double.parseDouble(nilai2.getText());
c = Double.parseDouble(nilai3.getText());
d = Double.parseDouble(nilai4.getText());
f = Double.parseDouble(nilai5.getText());
hasil1 = (a + b + c + d + f)/5;
hasil.setText(""+hasil1);
}
}
public static void main(String[] args)
{
kalkulatortampil sederhana =new kalkulatortampil();
sederhana.show();
}

public void windowClosing(WindowEvent e) {
                                dispose();
                                System.exit(1);
                }

public void windowOpened(WindowEvent e) {}
                public void windowActivated(WindowEvent e) {}
                public void windowIconified(WindowEvent e) {}
                public void windowDeiconified(WindowEvent e) {}
                public void windowDeactivated(WindowEvent e) {}
                public void windowClosed(WindowEvent e) {
        dispose();
                                System.exit(0);
        }
}


OUTPUT PROGRAM 





LOGIKA PROGRAM

GUI (Graphical User Interface), memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik. Pengguna berinteraksi dengan berbagai elemen grafis,diantaranya: button, dialog box, menu,dsb. Selain untuk pemrograman yang berbasis konsol, java juga mendukung pemrograman berbasiskan GUI (Graphical User Interface), Salah satunya menggunakan AWT (AbstractWindow Toolkit), AWT merupakan cara untuk membuat pemrograman windows pada java,komponen komponen AWT terdapat dalam paket java.awt. Selain itu dapat juga menggunakan swing untuk pemrograman berbasis window, Swing merupakan cara lain selain
AWT untuk mengimplementasikan pemrograman window. Swing dikemas dalam paket bernama
javax.swing.
Berikut ini adalah contoh program sederhana menggunakan AWT:
import java.awt.*;
public class kalkulatortampil seperti output di atas.
Label adalah class pada java yang digunakan untuk menampilkan sebuah text pada window.
Swing merupakan salah satu cara untuk mengimplementasikan pemrograman window pada java,
beda swing dengan awt adalah bentuk komponen-komponen dari kelas swing sama bentuknya pada semua platform / sistem operasi.
Contoh Swing :
import javax.swing.*;
WindowsListener
Bereaksi atas perubahaan pada window, misalnya diperbesar, diperkecil, digeser atau ditutup MouseMotionListener Bereaksi atas pergerakan mouse, misalnya bila melewati area komponen tertentu. Listeners terdaftar pada java.awt.event.* Setelah komponen dideklarasikan, maka listener dapat ditambahkan pada komponen tersebut, misalnya pada Button:
JButton min=new JButton("-");
Listener harus ditembahkan lebih dahulu ke dalam komponen, sebelum komponen tersebut diletakkan pada Frame/ Content Pane.
Kemudian dispose() Gunakan metode ini untuk menutup atau melepaskan sumber daya unmanaged seperti file dan menangani dimiliki oleh sebuah instance dari kelas yang mengimplementasikan interface ini. Dengan konvensi, metode ini digunakan untuk semua tugas yang terkait dengan membebaskan sumber daya yang dimiliki oleh suatu objek, atau mempersiapkan suatu objek untuk digunakan kembali.




0 komentar:

Posting Komentar