Sabtu, 31 Maret 2012

PROGRAM KODE ASCII


LISTING PROGRAM
package testascii.app;
import javax.swing.JOptionPane;
public class TestAscii extends javax.swing.JFrame {

    public TestAscii() {
        initComponents();
    }
private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
         String str = jTextField1.getText() ;
     long num = Long.parseLong ( str ) ;
     long rem;
        while ( num > 0 ){
       rem = num % 10 ;
       num = num / 10 ;
       if ( rem != 0 && rem != 1 ){
         JOptionPane.showMessageDialog( null,"Ini bukan bilangan biner" ) ;
       }
     }
     int i= Integer.parseInt ( str, 2 ) ;
     jTextField2.setText(String.valueOf(i));
     jLabel3.setText(String.valueOf((char) i));
    }                 
private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
for(int i=0;i<=128;i++)
        {
            jTextArea1.append("Codenya: "+i+" ASCII NYA:"+String.valueOf((char)i)+"\n");
        }   
   public static void main(String args[]) {
      
        java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() {

            public void run() {
                new TestAscii().setVisible(true);
            }
        });
    }
    // Variables declaration - do not modify                    
    private javax.swing.JButton jButton1;
    private javax.swing.JButton jButton2;
    private javax.swing.JLabel jLabel1;
    private javax.swing.JLabel jLabel2;
    private javax.swing.JLabel jLabel3;
    private javax.swing.JScrollPane jScrollPane1;
    private javax.swing.JTextArea jTextArea1;
    private javax.swing.JTextField jTextField1;
    private javax.swing.JTextField jTextField2;
    // End of variables declaration                  
}




OUTPUT




LOGIKA POGRAM
import javax.swing.JOptionPane; javax swing merupakan cara untuk membuat pemrograman windows pada java untuk pemrograman berbasis window, Swing merupakan cara lain selain AWT untuk mengimplementasikan pemrograman window. Swing dikemas dalam paket bernama javax.swing.    String str = jTextField1.getText() ;  Menciptakan objek JButton dengan gambar tetapi tanpa teks.
long rem;
while ( num > 0 ){
 rem = num % 10 ;
 num = num / 10 ;
  if ( rem != 0 && rem != 1 ){
JOptionPane.showMessageDialog( null,"Ini bukan bilangan biner" ) ;
Sebuah program yang khas menggunakan berbagai nilai  dan nilai-nilai ini terus berubah saat program sedang berjalan. Misalnya kita membuat program yang digunakan untuk melakukan perhitungan. Nilai-nilai yang dimasukkan oleh satu pengguna jelas akan berbeda sari nilai-nilai yang dimasukkan oleh pengguna lain.untuk itu mod 10 Ini memberi sisa pembagian antara dua bilangan . jika angka yang di inputkan bukan bilangan biner antara 1dan 0 maka akan muncul message dialog ini bukan bilangan biner.
 int i= Integer.parseInt ( str, 2 ) ; Untuk mengubah String menjadi integer, kita dapat menggunakan kelas Java Integer yang di dalamnya memiliki fungsi parseInt(str). jTextField2.setText(String.valueOf(i)); jLabel3.setText(String.valueOf((char) i)); jika jtextfield1 di inputkan kode biner maka jtextfield2 mengeluarkan output bilangan decimal dan pada jlabel3 menampilkan kode ascii.
private void jButton2ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {  for(int i=0;i<=128;i++)      jTextArea1.append("Codenya: "+i+" ASCII NYA:"+String.valueOf((char)i)+"\n");
jbutton2  ini di fungsikan untuk mengiputkan jika bilangan decimal dari kode ascii tersebut kurang dari 128.
fungsi append adalah  untuk menambahkan string ke dalam objek code dan String.valueOf artinya kode ini, berarti saya mengkonversi variabel karakter yang bertipe char menjadi bertipe string.  java.awt.EventQueue.invokeLater(new Runnable() { fungsinya adalah pada jtextarea terdapat fungsi  scrolling untuk melihat kode ascii dan desimalnya.



0 komentar:

Posting Komentar