partner : maulithaghaisani.blogspot.com
maulitha ghaisani 54410281
Pada posting sebelumnya kita telah mempelajari tentang pemrograman terstruktur dan berbasis objek. Dan pada posting kali ini kita akan mempelajari tentang enkapsulasi dan berikut saya berikan contoh program dari enkapsulasi disertakan dengan komentar fungsi dari masing2 blok.
Enkapsulasi adalah pembungkus, pembungkus disini
dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara
sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep enkapsulasi sangat
penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses
sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut.
Dalam kehidupan sehari hari enkapsulasi dapat
dimisalkan sebagai arus listrik pada generator, dan sistem perputaran generator
untuk menghasilkan arus listrik. Kerja arus listrik tidak mempengaruhi kerja
dari sistem perputaran generator, begitu pula sebaliknya. Karena didalam arus
listrik tersebut, kita tidak perlu mengetahui bagaimana kinerja sistem
perputaran generator, apakah generator berputar kebelakang atau ke depan atau
bahkan serong. Begitu pula dalam sistem perputaran generator, kita tidak perlu
tahu bagaimana arus listrik, apakah menyala atau tidak.
Begitulah konsep kerja dari enkapsulasi, dia
akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain
yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat
dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal.
CONTOH PROGRAM
public
class Lingkaran { //ini
kelas yang diberi nama lingkaran
public double jari; //ini attribut
public double Keliling() //ini Method Keliling
{
double kel=3.14*2*this.jari;
return kel;
}
public double Luas() //ini Method Luasnya
{
double luas=3.14*this.jari*this.jari;
return luas;
}
//ini
kelas untuk mencoba kelas Lingkaran
//enkapsulasi
dibuktikan di kelas ini
//ini
adalah kelas yang memiliki method main
//kelas
inilah yang dapat di running
public
class NyobaLingkaran {
public
static void main(String[] litha)
{
Lingkaran
cincin=new Lingkaran(); //untuk membuat object
System.out.println("Mengeset
Jari-Jari CINCIN"); //untuk setting attribut object
cincin.jari=15.0;
//untuk
menampilkan attribut sang object
System.out.println("jari-jarinya
CINCIN="+cincin.jari);
//untuk
membuktikan jalannya method Keliling
System.out.println("Memunculkan Keliling
CINCIN");
System.out.println("Kelilingnya="+cincin.Keliling());
//untuk
membuktikan jalannya method Luas
System.out.println("Memunculkan Luas
CINCIN");
System.out.println("Luasnya="+cincin.Luas());
System.out.print("\n");
System.out.println("");
//BATAS
OBJECT
BARU------------------------------------------------------------------
Lingkaran roda=new Lingkaran();
System.out.println("Mengeset Jari-Jari RODA");
roda.jari=15000.0;
//untuk menampilkan attribut sang object
System.out.println("jari-jarinya
RODA="+roda.jari);
//untuk membuktikan jalannya method Keliling
System.out.println("Memunculkan Keliling
RODA");
System.out.println("Kelilingnya="+roda.Keliling());
//untuk membuktikan jalannya method Luas
System.out.println("Memunculkan Luas
RODA");
System.out.println("Luasnya="+roda.Luas());
}
}
OUTPUT PROGRAM
OUTPUT PROGRAM
sumber : http://setyonugroho09.wordpress.com/2010/02/17/konsep-enkapsulasiencapsulation-pada-object-oriented-programming-dengan-java/
0 komentar:
Posting Komentar