Senin, 16 April 2012

DUNIA WEB DAN CMS


Memiliki website saat ini bukanlah sesuatu yang aneh dan wah lagi. Website adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam dunia internet. Sebuah website dibuat dengan berbagai tujuan. Saat ini, sebuah website tidak hanya dimiliki oleh perusahaan besar yang telah memiliki bisnis di dunia nyata, namun banyak sekali bisnis yang justru berawal dari internet.

Bicara tentang membangun sebuah website, pasti yang kita inginkan adalah kemudahan, apalagi jika bersifat free. Alternatif yang dapat digunakan yaitu menggunakan CMS (Content Management System). Banyak alternatif pilihan CMS yang dapat kita pergunakan, salah satunya Joomla. Joomla merupakan aplikasi CMS yang bersifat free/open source software untuk membangun dan mengelola situs web professional dengan mudah dan dapat berjalan pada system operasi Windows maupun Linux. Cukup anda sediakan aplikasi LAMP yang terdiri dari web server Apache, MySQL dan PHP untuk menjalankan Joomla.

Joomla memiliki banyak fitur dan aplikasi tambahan, diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan kinerja, RSS, blogs, polling dan lain-lain. Selain itu, Anda pun dapat memilih berbagai model template website, terdapat paket dukungan bahasa untuk memberikan kemudahan bagi situs-situs multi-bahasa dan plugin-plugin lainnya yang dapat Anda download dari situs resmi Joomla.  Jika digabungkan, ini akan membuat website kita menjadi lebih lengkap layakanya website-website perusahaan besar. Ini merupakan pilihan tepat untuk pengguna bisnis kecil atau rumahan yang ingin mencari sebuah situs professional yang andal dan mudah diimplementasikan.

Contoh template pada Joomla

 




BAGAIMANA MENYIAPKAN LINGKUNGAN JOOMLA!

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan instalasi joomla, yaitu dengan cara instan melalui script seperti  Fantastico (yang mungkin disediakan dan mungkin juga tidak oleh jasa Web Hosting Anda) dan dengan cara manual. Untuk melakukan instalasi Joomla, Anda harus mempersiapkan beberapa hal yang dibutuhkan oleh joomla agar bisa dijalankan. Persyaratan minimum yang dibutuhkan sebelum proses instalasi dilakukan adalah:
1.     Web Server Apache (minimum versi  1.13)
2.     PHP (minimum versi 2.2)
3.     MySql (minimum versi 3.23)

Ø Web Server Apache
Web server menjadi lingkungan paling dasar yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi .  pada saat development, Joomla diuji coba pada webserver Apache sehingga webserver yang direkomendasikan untuk menjalankan Joomla agar mendapatkan hasil optimal adalah dengan webserver Apache. webserver Apache adalah Webserver yang paling popular dan paling banyak digunakan di dunia oleh website-website di dunia ini.
Ø PHP
Joomla adalah program yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP. PHP merupakan bahasa scripting yang paling banyak digunakan untuk membuat website dinamis dan banyak sekali aplikasi terkenal yang dibuat dengan PHP.  Sebagai contoh, untuk menampilkan kalimat “hallo” pada layar dengan bahasa PHP, perintahnya adalah sebagai berikut:
<?
Echo (<b> hallo </b>);
?>
Yang penting untuk diperhatikan adalah PHP yang digunakan harus juga mendukung MySQL, XML dan zlib.

Ø MySQL
Data dan konfigurasi dari Joomla memerlukan tempat penyimpanan dan database yang digunakan adalah MySQL.

0 komentar:

Posting Komentar